Kamis, 26 Juli 2012

Tersedak


Seseorang tersedak bila jalan pernafasan atau tenggorakannya tersumbat. Situasi ini memerlukan tindakan pertolongan pertama untuk mencegah pingsan atau kematian. Tersedak, sakit jantung, atau kondisi–kondisi tertentu dapat menyebabkan sirkulasi jantung dan pernafasan terhenti. Untuk menyelamatkan nyawa orang tersebut, pernafasan dan peredaran darah harus segera diperbaiki ( baca artikel sebelumnya Pernafasan Buatan” ). Membuat sehat terhadap diri sendiri juga orang lain  adalah hal yang paling penting dalam hidup ini.


Mengenali dan membuka jalan pernafasan yang tersumbat.
Sering kali seseorang tersedak akibat tidak sempurna dalam mengunyah makanan, dan makanan itu tersangkut di tenggorakan atau saluran pernafasan. Terutama makanan padat seperti daging, sering menjadi penyebabnya.

Umumnya orang tersedak saat mengunyah sepotong daging sambil berbicara. Gigi palsu juga merupakan salah satu penyebab orang tersedak, karena dirasa mengganggu sewaktu mengunyah makanan. Gigi palsu tak mungkin bisa mengunyah makanan sebaik gigi asli, karena gigi palsu kurang memberi tekanan pengunyahan.

Orang yang tersedak biasanya panik. Wajahnya terlihat ketakutan. Awalnya wajahnya tampak kemerahan, kedua matanya melotot dan nafasnya megap – megap.

Apabila makanan salah masuk, dengan batuk berkali–kali secara refleks hal tersebut akan teratasi. Yang pasti seorang tidak tersedak bila ia dapat batuk dengan leluasa, warna kulit tidak berubah dan masih bisa berbicara. Namun, bila batuknya terdengar seperti tertahan dan kulit wajahnya menjadi biru, ada kemungkinan ia tersedak.

Kalau ragu – ragu, tanyakan langsung apakah dia mampu berbicara. Apabila ia bisa berbicara, berarti saluran pernafasannya tidak sepenuhnya tersumbat dan oksigen dapat mencapai paru–parunya. Sebaliknya, orang yang tersedak tidak mampu berbicara, Cuma menggerak – gerakan tangannya.

Ciri umum orang tersedak  adalah tangannya memegangi tenggorakannya dengan kuat, ibu jari dan jari – jari di rentangkan. Orang yang bersikap seperti itu membutuhkan penanganan darurat dan tidak boleh ditinggalkan. Lebih baik membuat sehat diri anda sebelum anda terserang penyakit.

Seseorang yang tersedak tidak mampu berbicara kecuali hanya menggerakkan tangannya saja. Sering kali gerakan tangan dan lengannya tidak terkordinasi. Hal penting yang perlu di ingat, ciri umum seseorang yang tersedak adalah tangan yang memegangi tenggorokan dibantu dengan ibu jari dan jari–jari lainnya. 

Metode yang paling terkenal untuk mengeluarkan suatu benda dari saluran pernafasan  orang yang tersedak adalah Manuver Heimlich. Anda dapat mempraktikan metode ini baik pada diri sendiri maupun orang lain. Adapun langkah–langkah tersebut adalah:

  • Berdirilah dibelakang orang yang tersedak, lingkarkan kedua tangan anda ke pinggangnya.  
  • Bungkukkan orang itu sedikit ke depan.
  • Kepalkan salah satu tangan anda dan taruh di bagian atas pusar korban 
  • Pegang erat–erat kepalan anda itu dengan tangan lain dan tekan kuat – kuat sambil mendorong cepat ke atas.


Ulangilah tindakan ini sampai benda yang menghambat itu keluar dari saluran udara korban. Bila harus melakukan tindakan ini pada diri sendiri: kepalkan salah satu tangan anda, letakan sedikit diatas pusar. Pegang kepalan tangan anda itu dengan tangan yang lain, lalu tekan kuat–kuat ke arah atas sampai benda itu keluar. Anda juga bisa melakukan ini dengan bantuan dari belakang sandaran sebuah kursi. Semoga bermanfaat bagi anda semua, betapa pentingnya kesehatan itu. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar